Pages - Menu

Sabtu, 08 Maret 2014

Cara membuat Daftar Isi yang mudah


Daftar isi merupakan lembar halaman yg menjadi petunjuk pokok isi buku beserta nomor halaman.

Dalam membuat sebuah laporan, makalah, skripsi, atau pun lainnya daftar isi sangat dibutuhkan untuk mengetahui isi dari laporan, makalah atau skripsi yang kita buat.

Jika laporan, makalah atau skripsi yang kita buat hanya terdiri beberapa halaman, tentu bukanlah masalah yang terlalu besar karena kita bisa saja menggunakan perintah “tabs” dengan daftar isi yang kita copykan. Tapi bagaimana jika laporan, makalah atau skripsi tersebut terdiri dari ratusan halaman? Tentu membuat daftar isi dengan cara “tabs” tersebut akan membutuhkan waktu yang sangat lama, dan harus membalik-balikan halaman laporan, makalah atau skripsi tadi.


Selengkapnya...

Nah, sekarang saya akan coba menjelaskan sebuah cara yang sangat mudah bagi anda yang mengalami masalah dengan membuat daftar isi tersebut. Bahkan cara ini sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Dengan cara ini, jikapun anda diharuskan memperbaiki isi dari laporan tadi, anda tidak perlu mengatur ulang daftar isi anda, yang anda lakukan hanyalah tinggal “update” daftar isi anda dengan cara mengklik saja. Terdengar sangat mudah? Mari kita perhatikan cara tersebut.


Untuk langkah pertama mari kita ambil contoh dari daftar isi berikut :
gambar 1:


Untuk memudah pembuatan daftar isi yang akan kita buat, kita harus membagi daftar isi tersebut terlebih dahulu menjadi heading, sub heading, dan sub-sub heading (jika ada). Sebagai contoh diatas, yang menjadi Heading adalah : Cover, Lembaran Pengesahan, Kata pengantar, lembar asistensi, teori dasar, modul 1- pengukuran linier, bab 1-pendahuluan, bab 2- tinjauan pustaka dst. Sementara untuk sub heading adalah bagian dari heading, seperti contoh diatas maka yang menjadi sub heading adalah sub dari bab 1- pendahuluan yaitu : latar belakang, tujuan, dan manfaat. Kemudian bab 2- tinjauan pustaka yaitu : pengenalan beberapa alat ukur linier dan teori alat ukur dan seterusnya.
nah, ini langkah-langkah pembuatan daftar isi tersebut :

    1. Buat terlebih dahulu Judul, ataupun BAB dan sub-bab menjadi heading dengan perintah heading pada styles.

gambar 2:

Anda tidak perlu mengubah apapun, yang perlu anda lakukan hanya menjadikan Judul, BAB, ataupun sub-bab tersebut menjadi heading 1 heading 2 ataupun heading 3 dan seterusnya.
Misalkan seperti ini :



gambar 3:

Maka yang harus anda lakukan di laporan anda adalah :


gambar 4:

Maka dengan ini anda sudah selesai menjadikan judul bab menjadi heading 1 dan sub-bab menjadi heading 2.
Jika kalimat judul dan sub-bab anda menjadi beda, maka yang perlu anda lakukan adalah mengubah style dari heading tersebut. Ambilah contoh judul laporan anda memiliki tipe huruf times new roman, ukuran font 14, dan bold.

gambar 5:

Maka anda akan ditampilkan modify style tersebut :


gambar 6:

Maka yang harus anda lakukan adalah mengubah format seperti yang anda inginkan di kotak formating diatas. Tentu toolbox sudah anda kenal bukan. Anda tinggal menganti dengan yang anda inginkan.

2.      Langkah kedua yang harus anda lakukan adalah membuat nomor halaman dari laporan anda tersebut. Jika anda belum memahami cara membuat nomor halaman, silahkan berselancar di tempat lain dulu, karena saya masih baru posting (:D).
3.      Jika langkah diatas sudah selesai anda lakukan, maka saya ucapkan selamat, karena 95% pengerjaan daftar isi telah selesai anda lakukan. Mari kita lanjutkan. Sekarang saatnya kita memanggil daftar isi tersebut.
Langkah tersebut adalah dengan cara perintah table of content. Klik references, kemudian klik table of contents.

gambar 7:

Selesai, pengerjaan daftar isi anda pun telah selesai dilakukan.

gambar 8:

Mudah bukan? Misalkan anda harus mengganti judul dari BAB atau pun sub-bab, bahkan menambah halaman yang telah anda buat. Anda tidak perlu di pusing kan lagi untuk mengubah daftar isi atau membuat yang baru. Anda tinggal mengklik update table seperti penampakan diatas.
Saya pikir, jika anda hanya membaca postingan ini, mungkin anda akan berpikir cara ini malah tambah rumit. Tapi tunggu dulu, jika anda memahami dengan benar cara ini, anda akan mengetahui bahwa hanya dibutuhkan tidak lebih dari beberapa menit untuk membuat sebuah daftar isi. Jika anda memiliki masalah dengan cara yang telah saya jelaskan, silahkan berkomentar agar saya bisa menjelaskan lebih baik lagi.
Oh iya, jika anda ingin membuat daftar isi ini, tidak bisa dilakukan jika antar BAB terpisah, semuanya harus dalam satu WORD, dari cover sampai daftar pustaka. Nanti akan saya posting cara menyatukan semua BAB ke dalam satu word, dengan tambahan halaman yang berbeda, header dan footer yang berbeda pula.
Terima kasih sudah berkunjung!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar